Pengertian Dus Kemasan Surabaya



Pengertian Kemasan Produk

Nah, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kemasan produk? Secara sederhana, kemasan adalah bagian dari produk yang berfungsi untuk membungkus dan menjaga kualitas produk. Umumnya ada tiga jenis kemasan untuk sebuah produk yakni kemasan primer yang langsung menjadi tempat atau pembungkus produk, kemasan sekunder yang menjadi wadah pelindung dari produk-produk dalam kemasan primer, dan kemasan tersier dan kuarter yang digunakan dalam proses pengiriman dan penyimpanan produk-produk dalam kemasan sekunder.

Dalam perkembangannya, kemasan primer memiliki fungsi yang lebih luas lagi yaitu sebagai identitas dan pembeda suatu produk dengan produk sejenis lainnya sekaligus sebagai media untuk promosi. Kemasan inilah yang langsung terlihat oleh konsumen ketika suatu produk ditawarkan atau dipajang. Contohnya saja botol minuman, kotak susu, kaleng susu, bungkus keripik, kantung cemilan dan kemasan sejenis lainnya.

Mengingat fungsi yang lebih luas dari kemasan inilah, maka perlu dilakukan desain kemasan produk dengan sebaik-baiknya. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian desain kemasan produk adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk memadukan bentuk kemasan, teks, gambar dan warna demi menghasilkan jasa desain kemasan yang mampu mendongkrak penjualan dengan optimal.

Karena berpengaruh besar terhadap penjualan, para pelaku usaha tak perlu ragu-ragu untuk berinvestasi lebih banyak lagi demi menghasilkan kemasan produk yang bagus. Jika tak mampu membuatnya sendiri, kalian bisa menggunakan jasa desain kemasan. Kalian bisa bertukar pikiran, berdiskusi, menggali ide-ide baru bersama dengan desainer kemasan yang telah terbiasa dengan dunia desain sehingga lahir kemasan produk yang berdaya jual.

Mengapa Pengemasan Produk yang Baik Itu Penting?

Ada pepatah yang mengatakan, “Jangan menilai sesuatu dari bungkusnya”. Namun kenyataannya, banyak orang yang enggan melirik produk dengan kemasan yang biasa-biasa saja, tidak rapi, dan tampak kusam. Sebaliknya, kemasan yang menarik, rapi dan bersih menjadi magnet yang kuat bagi konsumen. Karena itulah, jasa desain kemasan produk tak boleh diabaikan begitu saja. Luangkan waktu dan berdiskusilah dengan tim kalian saat berencana membuat kemasan yang baru atau merombak kemasan produk yang sudah ada. Coba simak berikut ini alasan mengapa pengemasan produk yang baik itu penting sekali.

1. Melindungi Kualitas Produk

Jika kalian memiliki produk yang mudah rusak, maka perlu dipikirkan untuk membuat kemasan dari bahan yang kaku dan kuat. Tujuannya tak lain untuk melindungi produk di dalamnya sehingga ketika konsumen membawa produk tersebut pulang ke rumah, mereka tidak akan dikecewakan dengan kondisi produk yang rusak.

jasa desain kemasan

(source: thomascoffee.com)

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Jika kemasan mampu melindungi produk dengan optimal dan produk sampai di tangan konsumen dalam keadaan yang baik, maka niscaya kepercayaan konsumen pun akan tumbuh. Tak diragukan lagi, pada kesempatan-kesempatan berikutnya mereka akan kembali memilih produk kalian. Sebaliknya, kemasan yang tak mampu melindungi produk dengan baik, membuat konsumen memutuskan untuk mencari produk sejenis yang lebih baik kualitas kemasannya.

3. Memberi Nilai Tambah dan Meningkatkan Daya Saing

Begitu pentingnya kemasan produk, sampai-sampai Kementrian Perindustrian pernah membuat suatu program khusus untuk IKM (Industri Kecil dan Menengah) berupa bantuan desain kemasan dan merek. Tujuannya tak lagi agar daya saing lebih kompetitif di pasar domestik dan global. Desain kemasan yang menarik mampu memberikan nilai tambah dan menjadi pembeda suatu produk di antara produk sejenis yang menjadi pesaingnya.

desain maskot pringles

(source: herbariasoap.com)

4. Menjadi Daya Tarik Produk

Apakah yang akan terjadi jika produk yang sama dikemas dengan cara yang berbeda? Sudah pasti kemasan yang menarik akan mencuri perhatian konsumen. Bahkan konsumen rela membeli hanya demi mendapatkan kemasan yang unik lho. Tak sedikit pula konsumen yang menyimpan kemasan produk karena desain kemasan produk tersebut memikat hati. Inilah fungsi jasa desain kemasan, yakni menjadi daya tarik suatu produk.

5 Tips Desain Kemasan Produk untuk Meledakkan Penjualan Produk UKM

Seiring perkembangan zaman, kemasan produk memang mengalami perubahan yang luar biasa. Teknologi memiliki andil besar dalam perubahan ini. Pelaku usaha semakin dimudahkan untuk membuat kemasan sesuai dengan keinginan. Ditambah lagi dengan kehadiran softaware desain dan mereka yang memiliki kreativitas di bidang desain, maka persaingan usaha pun menjadi semakin ketat. Mereka yang tidak melakukan inovasi kemasan, perlahan tapi pasti akan ditinggalkan dan terlupakan oleh konsumen.

UKM pun tak boleh tinggal diam. Inovasi kemasan tak hanya bisa dilakukan oleh usaha-usaha skala besar. UKM wajib melakukan inovasi kemasan agar bisa bertahan dan bersaing. Memang tak mudah membuat kemasan yang mampu mendongkrak penjualan. Dibutuhkan kreativitas, kerja keras dan waktu yang tak sedikit. Berikut ini 5 tips desain kemasan untuk meledakkan penjualan produk UKM.

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum mulai memikirkan desain kemasan, pertama-tama tentukan terlebih dahulu target pasar produk kalian. Apakah target pasar produk kalian anak-anak? Remaja? Ataukah orang tua? Sebab model dan desain kemasan untuk target pasar anak-anak tentu berbeda sekali dengan model dan desain kemasan untuk orang tua. Jangan sampai nantinya desain kemasan tersebut tidak sesuai dengan target pasar. Akibatnya, tentu saja tidak berpengaruh banyak pada penjualan produk.

2. Mengenali Perilaku Konsumen

Umumnya para ibu sangat senang mendapatkan kemasan produk yang bisa dipakai ulang. Misalnya, kemasan produk yang bisa dipakai ulang sebagai wadah bumbu atau wadah makanan kecil. Jika kalian memiliki produk dengan target pasar para ibu, maka perilaku ini bisa melahirkan ide untuk membuat kemasan. Lalu bagaimana dengan perilaku konsumen anak-anak dan remaja? Kalian bisa mencari tahu dengan melakukan survei. Dari perilaku tersebut, ide-ide untuk membuat kemasan yang menarik bisa dilahirkan.

3. Menarik Sejak Pandangan Pertama

Dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat kemasan yang mampu menarik perhatian konsumen sejak pandangan pertama. Dan hal ini sama sekali tak mudah. Kalian bisa bereksperimen mulai dari bentuk kemasan yang tak biasa untuk produk sejenis, warna-warna yang cerah atau kombinasi beberapa warna, font yang cantik dan jelas, serta gambar yang menarik.

4. Tambahkan Ciri Khas

Ciri khas pada kemasan akan membuat konsumen mudah mengingat dan mengenali produk kalian. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan ciri khas ini. Jika kalian tidak bisa menghadirkan perbedaan dari bentuk kemasan, cobalah bermain dengan warna, teks atau kombinasi warna, teks dan gambar. Bentuk kemasan yang biasa-biasa saja pun bisa terlihat menonjol dengan jasa desain kemasan produk yang menarik.

5. Simple

Terlihat menarik dan menonjol bukan berarti kalian harus membuat kemasan dan desain yang rumit. Ide-ide yang simple bisa menjadi solusi untuk menjadi pembeda di antara produk sejenis. Misalnya saja bentuk kemasan yang sudah umum digunakan dipadukan dengan kombinasi kata yang menarik perhatian.

Melengkapi desain kemasan yang menarik, pastikan kalian memberi nama produk dengan tepat. Nama produk sebaiknya sesuai dengan produk yang dijual, tidak terlalu panjang, mudah diingat, dan mudah dilafalkan. Pastikan pula kalian mencantumkan informasi yang jelas dan benar mengenai produk. Misalnya saja, bahan-bahan yang digunakan, nilai gizi, manfaat dan lain sebagainya. Informasi yang benar akan menumbuhkan kepercayaan konsumen sehingga mereka akan menggunakan lagi produk kalian dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.


 

Republic Grafika

Jl. Sepat Lidah kulon Gg. 1, 

Kel Lidah Kulon Kec Lakarsantri-Surabaya

  : republicgrafika@Ymail.com

   : 0812 1601 7773 

  : 0821 1601 7773

   : @repugraf



















Related image























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages